Bab 5 Perkembangan dan Keplastikan Otak

PERKEMBANGAN DAN KEPLASTIKAN OTAK


Terdapat banyak cabang-cabang dendrit yang telah tumbuh, tetapi kita butuh mikroskop elektron untuk mengamati pertumbuhan tersebut.
Proses perkembangan otak tergantung pada pengalaman dengan cara yang kompleks sehingga mengabukan batasan antara pembelajaran dan pendewasaan.
sumber : youtube.com


PERTUMBUHAN DAN DIFERENSIASI OTAK HEWAN VERTEBRATA

Pada manusia, sistem saraf mulai terbentuk ketika embrio masih berumur 2 minggu. Permukaan dorsal melebar, kemudian dinding tipis yang panjang tumbuh melengkung dan melebur sehingga membentuk tabung neuron yang telah mengelilingi rongga berisi cairan.

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN AKSON

Pembentukan dan pengubahan neuron adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan sistem saraf. Ilmuwan neurosains membagi tahap perkembangan neuron menjadi 5 tahan, yaitu: Proliferasi, Migrasi, Diferensiasi, Milenasi, dan Sinaptogenasis.

NEURON BARU DI MASA DEPAN


Apakah otak hewan vertebrata yang sudah berkembang sempurna dapat menghasilkan neuron?

Pendapat tradisioal yang memulai berkembang dari masa studi Cajal di akhir tahun 1800-an menyatakan bahwa otak hewan vertebrata telah menghasilkan seluruh neuron dalam masa perkembangan embrionik atau paling lambat sebelum masa batita.

Penelitian lanjutan juga menemukan sel-sel dalam otak yang tidak berkembang, disebut sel induk (stem cell) terkadang sel induk menghasilkan sel baru yang akan berpindah ke Bulbus Olfaktori dan bertransformasi menjadi Glia atau Neuron.
Pada bagian Hipokampus Mamalia, sel induk juga dapat berdiferensiasi menjadi neuron baru. Neuron pada Hipokampus yang baru terbentuk melewati sebuah periode aktif pembentukan dan perubahan sinapsis, jadi neuron-neuron tersebut mungkin menjadi kontributor penting pada proses pembelajaran baru.


PENCARIAN JEJAK MELALUI AKSON

Coba bayangkan jika Anda meminta seseorang menyambungkan kabel dari negara lain, Anda harus memberikan instruksi mendetail bagaimana menemukan negara yang tepat, gedung yang tepat, dan pada akhirnya meja yang tepat. Seperti itulah pencarian jejak melalui Akson.

PENCARIAN ZAT KIMIAWI MELALUI AKSON

Paul Weiss (1924) adalah seorang Bilog terkenal. Ia melakukan sebuah penelitian dengan mencangkok kaki tambahan pada seekor Salamander dan menunggu hingga ada akson yang tumbuh masuk kedalamnya.
Weiss menolak ide bahwa setiap Akson mengembangkan satu cabang yang mengarah ke otot pergerakan anggota badan.

KESPESIFIKAN HUBUNGAN AKSON


Sejak masa Weiss melakukan studinya, sebagian besar penelitian pertumbuhan akson berfokus untuk mempelajari bagaimana akson sensorik dapat mencari jalan hingga ke target yang tepat diotak.

KOMPETISI ANTAR AKSON: SEBUAH PRINSIP UMUM

Prinsip kompetisi antar akson adalah hal yang penting, dan analogi dengan evolusi Darwinisme harus digunakan dengan hati-hati, karena mutasi ada gen adalah peristiwa yang acak, tetapi neurotrofin memandu cabang akson yang baru serta sinapsis kearah yang benar.

RENTANNYA OTAK YANG SEDANG BERKEMBANG

Menurut Lewis Wolpert (1991:2) Gastrulasi adalah masa terpenting dalam hidup Anda, bukan ketika Anda dilahirkan, menikah ataupun mati.
Tahap-tahap awal perkembangan adalah masa yang kritis terutama pada perkebangan otak.

PENGALAMAN DAN PERCABANGAN DENDRIT

Beberapa dekade yang lalu, penelitian meyakini bahwa neuron tidak berubah bentuk. Sekarang kita mengetahui bahwa akson dan dendrit berubah bentuk sepanjang kita hidup.
Pengalaman akan mengendalikan jumlah dan tipe perubahan yang terjadi pada neuron

PENGARUH PENGALAMAN KHUSUS

Struktur dan fungsi detail otak dapat dimodifikasi melalui pengalaman, contohnya neuron menjadi responsif dan teradaptasi terhadap stimulus yang telah menjadi penting atau memiliki makna di masa lalu.

ADAPTASI OTAK PADA BAYI INDIVIDU YANG BUTA SEJAK BAYI

Pengaruh Latian yang di Perpanjang

Psikolog Kognitif telah menemukan fakta bahwa latihan rutin keterampilan tertentu akan membuat seseorang lebih mahir terhadap keterampilan tersebut.

KEPLASTIKAN SETELAH KERUSAKAN OTAK

Kerusakan Otak dan Pemulihan Jangka Pendek

Mengurangi Pengaruh Stroke yang Merugikan

Penyebab kerusakan otak yang umum terjadi pada orang tua (jarang terjadi pada usia muda) adalah hilangnya peredaran darah ke otak secara sementara selama terjadinya Stroke, dikenal juga dengan nama cedera serebrovaskular. Salah satu tipe stroke yang lebih umum adalah Iskemia, yaitu penghambatan peredaran darah pada arteri karena adanya penggumpalan darah atau gangguan lain. Tipe stroke yang jarang terjadi adalah Hemoragi, yaitu peredaran yang disebabkan arteri yang pecah.

Mekanisme Lanjutan Pemulihan

Diaschisis

Diaschisis (dari bahasa Yunani yang berarti mengguncang keseluruhan) merujuk pada penurunan aktivitas yang diderita oleh neuron yang selamat setelah terjadi kerusakan pada neuron lain.

Jika Diaschisis menyebabkan hilangya suatu perilaku setelah terjadi kerusakan otak, maka obat stimulan dapat mengurangi efek Diaschisis, sehingga mendorong pemulihan. D.M Feeney dan koleganya melakukan serangkaian penelitian untuk mengamati pengaruh kerusakan korteks pada perilaku tikus.

Akson yang Tumbuh Kembali

Dalam keadaan tertentu, akson yang rusak dapat tumbuh kembali, walaupun badan sel tidak dapat tergantikan. Sebuah neuron pada sistem saraf tepi memiliki badan sel yang terletak di dalam sumsum tulang belakang dan akson-aksonnya memanjang ke dalam salah satu anggota badan.













DISUSUN OLEH 

  1. Adhisty Y
  2. Alvin K
  3. Elda Ayu W
  4. Fatia Rizka E
  5. Muhammad Sukron
  6. Muhammad Valdy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 11 Perilaku Reproduksi

Bab 13 Biologi Pembelajaran dan Memori